Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015 di Kota Banjarmasin

0
932

Pada Hari Rabu, 20 Mei 2015 dalam rangkaian pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan telah diadakan penilaian kelurahan di Kota Banjarmasin. Adapun yang mewakili Kota Banjarmasin dalam perlombaan tahun ini adalah Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat.

Pada saat melaksanakan penilaian di Kelurahan Pelambuan rombongan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan disambut oleh Wakil Walikota Banjarmasin dan Kepala BKBMP Kota Banjarmasin beserta Camat Banjarmasin Barat.  Acara ini turut pula dihadiri oleh segenap Forum Komunikasi Pemerintah Kota Banjarmasin, jajaran SKPD Lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin, Muspika Kecamatan Banjarmasin Barat dan  Pengurus Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin.

BJM2Dalam sambutannya Wakil Walikota Banjarmasin mengatakan bahwa keberhasilan pembangunan di Kelurahan Pelambuan terlihat pada keberhasilan Kelurahan ini sebagai juara pertama dalam lomba Kelurahan Tingkat Kota Banjarmasin. Selanjutnya, Bapak Wakil Walikota dalam sambutannya mengharapkan adanya hasil positif yang bisa dipetik dalam kegiatan ini, minimal akan muncul kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan serta berpasipasi aktif dalam pembangunan Kelurahan.

bjm1Kegiatan diawali dengan laporan Lurah Pelambuan tentang perkembangan dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan serta beberapa keberhasilan yang telah dicapai. Paparan pelaksanaan pembangunan tersebut mencakup pula tentang delapan indikator yang akan dinilai oleh tim penilai yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Instrumen Penilaian kepada Ketua Tim Penilai Provinsi.

Tim Penilai dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh Drs. H. Najamudin Noor, MAP pada penilaian kali ini  membawa serta delapan orang tim penilai beserta staf pembantu. Adapun penilaian sendiri dilakukan dengan membandingkan data tingkat perkembangan desa dan kelurahan 2 ( dua ) tahun terakhir, yaitu tahun 2013 dan tahun 2014  berdasarkan data profil desa dan kelurahan sesuai dengan 8 ( delapan ) indikator penilaian yang meliputi Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan serta Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ).

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penilai menyatakan bahwa kegiatan ini selain merupakan ajang kompetisi antara desa/kelurahan juga sekaligus menjadi evaluasi menyeluruh hasil hasil pembangunan yang telah diupayakan bersama antara masyarakat dan pemerintah. Menurut Drs. H. Najamudin Noor, MAP yang terpenting dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah mengukur capaian tingkat partisipasi masyarakat dalam wujud swadaya gotong royong masyarakat yang terimplementasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga lembaga kemasyarakatan di desa dan kelurahan. Adapun metode yang akan dilakukan dalam penilaian ini selain bertatap muka langsung dengan tanya jawab kepada aparat desa dan kader kader serta instansi terkait juga dilakukan peninjauan langsung kelapangan oleh tim penilai sesuai dengan bidangnya masing masing.

BJM4BJM3

BY AGUS SETYA RAHMDY