Launching dan Sarasehan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa

0
130
Dinas PMD Prov. Kalsel

Launching dan Sarasehan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa berlangsung di Graha Pradipta Jogja Expo Centre Jalan Janti, Wonocatur, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2018 tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dengan didampingi oleh Menteri Dalam Negeri dan pejabat lainnya. Peserta launching dan sarasehan ini terdiri dari perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten serta Kepala Desa perwakilan masing-masing dari wilayah Kalimantan dan Jawa.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo melakukan evaluasi secara langsung dengan memberikan kesempatan kepada para Kepala Desa untuk memberikan kritik maupun saran terkait penyusunan laporan pertanggungjawaban dana desa. Dari kesempatan yang diberikan oleh presiden tersebut, berdasarkan Perubahan Permendagri No.20/2018 tentang Pengelolaan Dana Desa dan PMK No. 49/PMK.07/2016, perwakilan Kepala Desa dari Provinsi Jawa Timur mengaku mengalami kesulitan dengan teknis penyusunan laporan pertanggungjawaban dana desa. Dia merasa kesulitan dalam memahami peraturan baru dan masih memerlukan adanya bimbingan teknis terkait penyusunan laporan tersebut.

Diharapkan dengan adanya peraturan yang baru disosialisasikan tersebut dapat lebih memudahkan mekanisme penyusunan Laporan Keuangan Desa, sehingga dapat mempercepat dalam penyelesaian dan pemeriksaan laporan keuangan desa.


Penulis: Alvina | Bidang Bina Pemerintahan Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here