Penyerahan Penghargaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018

0
242
Dinas PMD Prov. Kalsel

Kegiatan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan berupa lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018 mencapai puncaknya pada Senin, 6 Agustus 2018. Hal ini ditandai dengan pemberian penghargaan berupa trophy dan uang pembinaan kepada para pemenang yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Kegiatan lomba desa dan kelurahan ini bertujuan untuk menetukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan.

Pelaksanaan lomba desa dan kelurahan ini dimulai dari bulan Mei sampai dengan Agustus 2018 berupa penilaian administrasi dan verifikasi lapangan serta ekspose atau paparan bagi desa/kelurahan yang masuk dalam 6 besar yang terdiri dari penilaian bidang pemerintahan, penilaian bidang kewilayahan dan penilaian bidang kemasyarakatan. Berdasarkan keputusan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 188.44/0337/KUM/2018 tahun tentang Penetapan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018, desa dan kelurahan yang menjadi pemenang pada tahun 2018 adalah:

Kategori Desa:

Dinas PMD Prov. Kalsel
No. Peringkat Desa Kecamatan Kabupaten
1 I Muning Baru Daha Selatan HSS
2 II Purwodadi Angsana Tanah Bumbu
3 III Martadah Baru Tambang Ulang Tanah Laut
4 IV Barimbun Tanta Tabalong
5 V Salam Babaris Salam Babaris Tapin
6 VI Rantau Keminting Labuan Amas Utara HST

 

Kategori Kelurahan:

Dinas PMD Prov. Kalsel
No. Peringkat Desa Kecamatan Kabupaten
1 I Guntung Paikat Banjarbaru Selatan Banjarbaru
2 II Surgi Mufty Banjarmasin Utara Banjarmasin
3 III Kandangan Utara Kandangan HSS
4 IV Paringin Kota Paringin Balangan
5 V Paliwara Amuntai Tengah HSU
6 VI Angsau Pelaihari Tanah Laut

 

Pemberian penghargaan berupa trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan dilakukan secara langsung oleh Bapak Drs. H. Gusti Syahyar selaku Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan kepada para pemenang lomba desa dan Kelurahan. Juara pertama lomba desa dan kelurahan kali ini akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 45.000.000,- sedangkan juara kedua masing-masing akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 20.000.000,- dan juara ketiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 15.000.000,-

Selanjutnya juara pertama lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini akan menjadi wakil Provinsi Kalimantan Selatan pada kegiatan lomba desa kelurahan tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Bali pada bulan Oktober mendatang.

Selamat kepada para pemenang, dan terus berikan yang terbaik untuk perkembangan desa dan kelurahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here