Peninjauan Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa ke 104 Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Tabalong

0
202

Oleh: Andie Putra Pratama, S.STP*

Dalam rangka percepatan pengembangan sarana dan prasarana perdesaan, maka perlu adanya sinergi antara Pemerintah Daerah, TNI dan masyarakat desa. Sinergi tersebut dilakukan dengan Pola TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD dahulunya bernama ABRI Masuk Desa (AMD) dan dimulai pertama kali pada tahun 1980. Hingga kini TMMD dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, antara Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Komando Distrik Militer (Kodim) di masing-masing wilayah.

Pada tahun 2019 ini, diselenggarakan TMMD untuk angkatan 104, 105 dan 106. Untuk Provinsi Kalimantan Selatan, TMMD Angkatan ke 104 diselenggarakan pada dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tabalong. Setelah melaksanakan peninjauan di Kabupaten Tanah Laut, tim Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan kembali melanjutkan peninjauan lokasi TMMD ke 104 Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Tabalong.

Rehabilitasi Rumah warga di Desa Hayub, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong

Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Tabalong diselenggarakan di Desa Hayub, Kecamatan Haruai. Lokasi desa tersebut berjarak kurang lebih 32 Km dari pusat kota Tanjung. Pada saat peninjauan ke Lokasi, tim dari Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan didampingi oleh Unsur Korem 101/Antasari, Kodim 1008/Tanjung yakni Kapten Inf Fendri dan Kepala Desa Hayub Bapak Suwito.

Rencana Sasaran kegiatan fisik pada TMMD ke 104 di Desa Hayub meliputi sasaran fisik utama dan sasaran fisik tambahan. Untuk sasaran fisik utama meliputi sebagai berikut:

  • Pembuatan badan jalan ukuran 1.840 m x 7 m;
  • Pembuatan drainase ukuran 540 m3;
  • Pembuatan siring kanan dan kiri jalan sepanjang 135 m3;
  • Pengerasan badan jalan sepanjang 945 m3;
  • Pembuatan jembatan panjang ukuran 2,5 x 2,5 m.

Untuk sasaran fisik ini dibantu dari APBD Kabupaten Tabalong dengan metode swakelola dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong.

Rehabilitasi Pos Keamanan Lingkungan (poskamling) Desa Hayub, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong

Untuk sasaran fisik tambahan dibantu dari hibah barang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yaitu pembuatan pagar mushola Taqwa sepanjang 50 m, bedah rumah warga a.n. Ibu Ngademi, Bapak Eransyah dan Bapak Slamet Diarso dan Pembuatan Pos Kamling ukuran 2,5 x 2 m.

Selain itu, ada rencana sasaran kegiatan non fisik yang akan diselenggarakan meliputi penyuluhan KB Kesehatan, Kamtibmas, Hukum, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi Paham Radikalisme, Sosialisasi Rekrutmen TNI, Undang-undang Lalu Lintas, Narkoba/HIV dan Ceramah Agama.

Dengan adanya kegiatan TMMD ke 104 Tahun Anggaran 2019 ini, diharapkan dapat mempercepat pembukaan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat desa tersebut. Kegiatan TMMD ini rencananya akan dilaksanakan pembukaan pada tanggal 27 Februari 2019 di Lapangan Sepakbola Kecamatan Haruai oleh Bupati Tabalong.

Pembangunan pagar mushola di desa Hayub, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong

*Pelaksana pada Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan
Dinas PMD Provinsi Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here