Peninjauan Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa ke 104 Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Tanah Laut

0
296

Oleh: Andie Putra Pratama, S.STP*

Dalam rangka percepatan pengembangan sarana dan prasarana perdesaan, maka perlu adanya sinergi antara Pemerintah Daerah, TNI dan masyarakat desa. Sinergi tersebut dilakukan dengan Pola TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD dahulunya bernama ABRI Masuk Desa (AMD) dan dimulai pertama kali pada tahun 1980. Hingga kini TMMD dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, antara Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Komando Distrik Militer (Kodim) di masing-masing wilayah.

Pada tahun 2019 ini, diselenggarakan TMMD untuk angkatan 104, 105 dan 106. Untuk Provinsi Kalimantan Selatan, TMMD Angkatan ke 104 diselenggarakan pada dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tabalong. Dalam rangka mempersiapkan personil, moriil dan materiil maka dilaksanakan terlebih dahulu peninjauan lokasi TMMD ke 104 Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Tanah Laut.

Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Tanah Laut diselenggarakan di Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambang Ulang. Lokasi desa tersebut berjarak kurang lebih 26 Km dari pusat kota Pelaihari. Pada saat peninjauan ke Lokasi, tim dari Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan didampingi oleh Unsur Korem 101/Antasari, Unsur Kodim 1009/Pelaihari yakni Kapten Inf Sarni dan Kepala Desa Martadah Baru Bapak Slamet Prayitno, S.Pd.

Rehabilitasi Taman Pendidikan Al-Quran di Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut

Rencana Sasaran kegiatan fisik pada TMMD ke 104 di Desa Martadah Baru meliputi sasaran fisik utama dan sasaran fisik tambahan. Untuk sasaran fisik utama meliputi pelebaran, peninggian dan pengerasan badan jalan ukuran 2.000 m x 4 m serta pembuatan drainase ukuran 1.000 m x 2 m. Sasaran fisik ini dibantu dari APBD Kabupaten Tanah Laut dengan metode swakelola dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Rehabilitasi rumah warga Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut

Untuk sasaran fisik tambahan dibantu dari hibah barang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yaitu, rehabilitasi Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), bedah rumah warga ukuran 5 x 6 m a.n. Ibu Nafsiah dan Rehabilitasi Mushola Darul Ulum.

Selain itu, ada rencana sasaran kegiatan non fisik yang akan diselenggarakan meliputi penyuluhan KB Kesehatan, Kamtibmas, Hukum, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Pengobatan Massal dan Khitanan Massal.

Rehabilitasi Mushola di Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut

Dengan adanya kegiatan TMMD ke 104 Tahun Anggaran 2019 ini, diharapkan dapat mempercepat pembukaan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat desa tersebut. Kegiatan TMMD ini rencananya akan dilaksanakan pembukaan pada tanggal 27 Februari 2019 di Lapangan Desa Martadah Baru oleh Bupati Tanah Laut.

*Pelaksana pada Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan
Dinas PMD Provinsi Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here