Pembukaan TMMD ke-104 TA 2019 di Kab. Tanah Laut

0
65

Oleh: Andie Putra Pratama, S.STP*

Bupati Tanah Laut H. Sukamta memimpin gelar pasukan pada apel Pembukaan TMMD ke 104 di Desa Martadah Baru, Kabupaten Tanah Laut

Sinergitas dan kemanunggalan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan masyarakat desa semakin nyata dengan adanya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, antara Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Komando Distrik Militer (Kodim) di masing-masing wilayah. Pada tahun 2019 ini, diselenggarakan TMMD untuk angkatan 104, 105 dan 106. Untuk Provinsi Kalimantan Selatan, TMMD Angkatan ke 104 diselenggarakan pada dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tabalong.

Dalam rangka membuka secara seremonial dan serentak kegiatan TMMD ke-104 TA 2019, maka dilaksanakan Pembukaan TMMD ke-104 TA 2019 di Kabupaten Tanah Laut pada tanggal 26 Februari 2019.

Para Undangan yang hadir pada Pembukaan TMMD ke 104 TA. 2019 di Kabupaten Tanah Laut

TMMD ke-104 di Kabupaten Tanah Laut kali ini dilaksanakan di Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambang Ulang. Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Bupati Tanah laut Bapak H. Sukamta, lewat gelar apel di lapangan sepakbola Desa Martadah Baru.

Apel pembukaan dihadiri Danrem 101/Antasari, Kolonel Inf MS Ismed, Pasahli Kodam VI/Mulawarman, Kolonel Inf Eko Astono J. Kalimantoro, Danlanal Kolonel Laut (P) Wijayanto, SE, Danlanud Syamsuddin Noor dan para pejabat TNI lainnya. Acara tersebut juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Untuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan, diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan Ir. Irwansyah, ME

Pada kegiatan TMMD ke-104 TA 2019 di Kabupaten Tanah Laut ini, Sasaran fisik yaitu pembuatan badan jalan sepanjang 1.580 x 4 Meter, pembuatan siring sepanjang 100 x 2 Meter pada bahu jalan kanan dan kiri, pembuatan drainase sepanjang 800 meter x 2 kanan dan kiri. Selain itu juga ada sasaran tambahan yaitu renovasi satu musala, satu unit Taman Pendidikan Alquran, dan bedah rumah ukuran 6 x 5 meter persegi.

”Untuk sasaran fisik, sumber pendanaan kegiatan dari dana Penanggung Jawab Operasional (PJO) Pusat TMMD dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tanah Laut, sedangkan untuk sasaran tambahan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalsel”, jelas Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Ir Irwansyah, ME. Beliau mengatakan, bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut berupa hibah bahan bangunan senilai 85 juta Rupiah yang digunakan untuk mendukung pembangunan sarana dan prasarana masyarakat Desa Martadah Baru tersebut. ”Kita berharap agar setiap bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa yang kita bantu tersebut”, pungkas Beliau.

Dinas PMD Provinsi Kalsel bersinergi mendukung Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dalam menyukseskan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)

Pada acara pembukaan TMMD ke-104 TA 2019 tersebut juga diserahkan bantuan-bantuan peralatan untuk kegiatan TMMD, diantaranya sekop dan cangkul kepada anggota TNI, Polri dan Masyarakat, serta diserahkan 10 buah paket sembako kepada para lanjut usia. Pelaksanaan TMMD ke-104 TA 2019 dilaksanakan dari tanggal 26 Februari s.d. 27 Maret 2019.

*Pelaksana pada Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan
Dinas PMD Provinsi Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here