Peninjauan Lokasi TMMD ke-105 TA 2019 di Kabupaten Kotabaru dan Kota Banjarmasin

0
126

Kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan masyarakat desa menjadi semakin nyata dengan terwujudnya program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, antara Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Komando Distrik Militer (Kodim) di masing-masing wilayah. Tujuan Program Terpadu TMMD adalah meningkatkan dan mewujudkan ruang juang, alat juang, kondisi juang kemanunggalan TNI-Rakyat serta dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik.

Pada tahun 2019 ini, diselenggarakan TMMD untuk angkatan 104, 105 dan 106. Untuk Provinsi Kalimantan Selatan, TMMD Angkatan ke-105 akan diselenggarakan pada Kabupaten Kotabaru dan Kota Banjarmasin. Dalam rangka mewujudkan kegiatan TMMD ke-105 di Kabupaten Kotabaru ini, maka perlu dilakukan peninjauan lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, dilaksanakanlah kegiatan Peninjauan Lokasi TMMD ke-105 yaitu di Desa Subur Makmur Kecamatan Pulau Laut Barat Kabupaten Kotabaru dan Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Lokasi Rehabilitasi Musholla Nurul Huda Banjarmasin

Rencana Sasaran kegiatan fisik pada TMMD ke-105 di Kelurahan Mantuil meliputi sasaran fisik utama dan sasaran fisik tambahan. Untuk sasaran fisik utama berupa Pembuatan Badan Jalan dengan panjang 1.525 Meter dan lebar 2 Meter, Pembangunan Jembatan Besar sebanyak 4 (empat) unit, dan Sasaran Fisik Tambahan yaitu Jembatan Kecil sebanyak 11 (sebelas) unit. Tim Dinas PMD juga melakukan peninjauan menuju lokasi rehabilitasi Musala Nurul Huda dan WC Umum yang berdekatan dengan Musala tersebut.

Lokasi Rehabilitasi WC Umum Musholla Nurul Huda Banjarmasin
Sasaran Fisik Utama Berupa Pembuatan Badan Jalan Kotabaru

Rencana Sasaran kegiatan fisik pada TMMD ke-105 di Desa Subur Makmur meliputi sasaran fisik utama dan sasaran fisik tambahan. Untuk sasaran fisik utama berupa Pembuatan Badan Jalan dengan panjang 1.700 Meter dan lebar 4 Meter. Untuk sasaran fisik tambahan berupa bedah rumah untuk 4 orang warga a.n. Bapak Saringat, Bapak Sudriman, Bapak Sanawi, dan Bapak Suwadi. Selain itu, Tim Dinas PMD juga melakukan peninjauan ke lokasi Pos Kendali Kegiatan dan lokasi lapangan tempat upacara pembukaan TMMD yang akan diselenggarakan di depan Sekolah SDN Subur Makmur.

Bedah Rumah Atas Nama Bapak Saringat
Bedah Rumah Atas Nama Bapak Suwadi

Diharapkan dengan adanya kegiatan TMMD ke-105 Tahun Anggaran 2019 ini dapat mempercepat pembukaan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat desa tersebut. Pembukaan Kegiatan TMMD ke-105 serentak dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Lapangan Sekolah SDN Subur Makmur oleh Bupati Kotabaru dan Lapangan Sepakbola Kuin Kecil Kelurahan Mantuil oleh Walikota Banjarmasin pada tanggal 10 Juli 2019.

 

Muhammad Ryzaldi Noor
Staf Honor Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here