Rekrutmen Pendamping Desa Tahun 2019 “Satker P3MD Siap Jaring Pendamping yang Profesional”

0
379
Dinas PMD Prov. Kalsel

Para pemberdaya masyarakat yang tertarik menjadi Tenaga Pendamping Profesional dapat bersiap-siap. Satuan Kerja P3MD Provinsi berencana akan membuka rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional di lingkup Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019. Sebanyak 76 lowongan kerja untuk menjadi Tenaga Pendamping Profesional (TPP) akan dibuka pada tahun 2019 yang di antaranya adalah Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM), Pendamping Desa pemberdayaan (PDP), Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI), dan Pendamping Lokal Desa (PLD). Tidak menutup kemungkinan kuota kekosongan itu akan bertambah seiring perjalanan waktu jika para Tenaga Pendamping Profesional saat ini ada yang mengundurkan diri.

Mengingat pentingnya pendampingan desa sebagai faktor penentu keberhasilan implementasi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Juga dalam rangka memenuhi kekosongan di berbagai lokasi mulai tingkat Desa, kecamatan hingga Kabupaten maka Satker P3MD Provinsi Kalimantan Selatan dirasa perlu melakukan pengisian kekosongan melalui mekanisme seleksi terbuka. Tujuannya adalah agar pelaksanaan rekrutmen itu mampu menghasilkan tenaga profesional yang mampu mengemban tugas dalam implementasi Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 untuk mewujudkan desa yang mandiri. Proses seleksi terbuka ini dilaksanakan dengan transparan, akuntabel, efesien dan memberikan peluang sama kepada seluruh calon pelamar.

Namum berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2019 ini Satker P3MD Provinsi Kalimantan Selatan akan melakukan seleksi terbuka dengan fokus kepada Kabupaten. Berarti hampir seluruh proses pelaksanannya dilakukan di kabupaten. Mulai dari seleksi pasif maupun seleksi aktif dimana melalui 3 (tiga) tahap yaitu tes tertulis, tes wawancara dan tes komputer.

Pelaksanaan seleksi terbuka yang terfokus di kabupaten bertujuan untuk mendapatkan tenaga pendamping yang tepat sasaran, mengingat domisili merupakan indikator penting dalam pelaksanaan pendampingan di tingkat Desa dan Kecamatan.

Walaupun proses pelaksanaan rekrutmen dilaksanakan di kabupaten, Satker P3MD Provinsi Kalimantan Selatan tetap sebagai penanggungjawab atas segala proses seleksi terbuka ini, mulai dari pembiayaan hingga dengan penetapan administrasi.

Sedangkan untuk pengumuman seleksi terbuka ini, Satker P3MD akan mengoptimalkan hingga dapat menjangkau keseluruh desa di Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk itu proses penyebarluasan informasi akan disampaikan melalui papan informasi Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas PMD Kabupaten, Kantor Camat, Kantor Desa, Sekretariat P3MD Kabupaten dan/atau tempat lain yang memungkinkan. Selain itu Satker P3MD Provinsi Kalimantan Selatan juga memanfaatkan media lainnya seperti website resmi hingga media sosial.

ABDI DARMAWAN, ST
Teknis SDM Satuan Kerja P3MD Prov. Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here