Pemerintah Provinsi Kalsel Melalui Dinas PMD Turut Mendukung Kegiatan TMMD ke-108 di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Batola

0
161
Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto (kiri) memberikan pemaparan mengenai teknis pelaksanaan Kegiatan TMMD. Rapat dipimpin oleh Danrem 101/Antasari Kol. Inf. Firmansyah (tengah) didampingi perwakilan dari Dinas PMD Provinsi Kalsel Andriyadi, S.STP, MA (kanan)

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan melaksanakan Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108, yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 30 Juni sampai dengan 29 Juli 2020. Untuk wilayah Kalimantan Selatan akan dilaksanakan oleh Kodim 1006/Martapura dan Kodim 1005/Marabahan.

Untuk kegiatan awal, telah dilaksanakan Rapat Persiapan Pelaksanaan TMMD ke-108 di wilayah Kalsel yang dipimpin oleh Danrem 101/Antasari Kolonel Inf. Firmansyah pada hari Rabu, 3 Juni 2020 di Aula Makorem 101/Antasari. Acara rapat ini turut dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala, serta perwakilan dari Kodim 1006/Martapura dan 1005/Marabahan. Adapun Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan memberikan bantuan berupa hibah barang untuk mendukung Kegiatan Sasaran Tambahan untuk setiap wilayah dengan masing-masing senilai 85 juta rupiah.

Untuk Kodim 1006/Martapura akan dilaksanakan di Desa Biih Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, sedangkan untuk Kodim 1005/Marabahan akan dilaksanakan di Desa Sei Telan Muara dan Desa Sei Telan Besar Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Pada Kodim 1006/Martapura, Kegiatan Sasaran Tambahan berupa Rehab Musholla sebanyak 1 unit, Rehab Pos Kamling sebanyak 1 unit, Bedah Rumah sebanyak 1 unit atas nama Bapak Syafrudin, serta Pembuatan Jamban sebanyak 5 unit. Sedangkan Kodim 1005/Marabahan, Kegiatan Sasaran Tambahan berupa Rehab Musholla Nurul Sholihin sebanyak 1 unit, Bedah Rumah sebanyak 1 unit atas nama Ibu Guliah, dan Pembuatan Jamban Umum sebanyak 5 unit.

Foto bersama peserta Rapat Persiapan Pelaksanaan TMMD ke-108 di wilayah Kalsel yang berlokasi di Aula Makorem Rabu (3/6), dengan pose “Bergerak”

Pada pelaksanaan kegiatan di lapangan, Kegiatan TMMD tetap akan memperhatikan protocol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19. Hal itu dilakukan dengan membatasi keikutsertaan masyarakat desa dan personil yang diturunkan secara bergantian dalam pelaksanaan Kegiatan TMMD tersebut.

Andriyadi, S.STP., MA
Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here