Penilaian Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015, Di Kabupaten Kotabaru

0
901

Pada Hari Rabu, 3 Juni 2015 telah dilaksanakan Penilaian  Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Kotabaru. Adapun yang mewakili Kabupaten Kotabaru dalam perlombaan kali ini adalah Kelurahan Kotabaru Tengah Kecamatan Pulau Laut Utara dan Desa Selaru Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Pada pagi hari saat melaksanakan penilaian di Kelurahan Kotabaru Tengah rombongan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan didampingi oleh Kepala BPMPD Kabupaten Kotabaru beserta Camat Pulau Laut Utara.  Dalam kesempatan ini turut hadir pula segenap Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru, jajaran SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Muspika Kecamatan Pulau Laut Utara dan  Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru.

KOTABARU1

KOTABARU2Acara Lomba Desa/Kelurahan ini sebenarnya merupakan agenda Nasional yang setiap tahun dilaksanakan, sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan kelurahan. Dimana dalam aturan tersebut ditegaskan bahwa perlombaaan desa dan kelurahan bertujuan untuk  mengevaluasi dan menilai sejauhmana perkembangan pembangunan suatu desa dan kelurahan atas usaha bersama pemerintah desa dan kelurahan dengan masyarakatnya dalam membangun dirinya untuk mewujudkan kemandirian yang bertumpu pada potensi yang dimilikinya dan didukung oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya.

 

Tim Penilai dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh Drs. Najamudin Noor, MAP pada penilaian kali ini  membawa serta delapan orang tim penilai beserta staf pembantu. Adapun penilaian sendiri dilakukan dengan membandingkan data tingkat perkembangan desa dan kelurahan 2 ( dua ) tahun terakhir, yaitu tahun 2013 dan tahun 2014  berdasarkan data profil desa dan kelurahan  sesuai dengan 8 ( delapan ) indikator penilaian yang meliputi Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan serta Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ).

KOTABARU4Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penilai menyatakan bahwa kegiatan ini selain merupakan ajang kompetisi antara desa/kelurahan juga sekaligus menjadi evaluasi menyeluruh hasil hasil pembangunan yang telah diupayakan bersama antara masyarakat dan pemerintah. Menurut Drs. H. Najamudin Noor yang terpenting dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah mengukur capaian tingkat partisipasi masyarakat dalam wujud swadaya gotong royong masyarakat yang terimplementasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga lembaga kemasyarakatan di desa dan kelurahan. Adapun metode yang akan dilakukan dalam penilaian ini selain bertatap muka langsung dengan tanya jawab kepada aparat desa dan kader kader serta instansi terkait juga dilakukan peninjauan langsung kelapangan oleh tim penilai sesuai dengan bidangnya masing masing.

KOTABARU3

KOTABARU5

Kemudian pada siang harinya tim dari BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan melanjutkan penilaian di Desa Selaru Kecamatan Pulau Laut Tengah. Dalam kunjungan ke Desa Selaru tim disertai oleh Kepala BPMPD Kabupaten Kotabaru beserta Camat Pulau Laut Tengah beserta unsur Muspika Kecamatan Pulau Laut Tengah. Tidak ketinggalan turut hadir juga para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Selaru dan juga jajaran SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Muspika Kecamatan Pulau Laut Tengah dan  Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru.

KOTABRU6Dihadapan tim penilai yang terdiri dari beberapa dinas/instansi lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan seperti BPMPD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Kesbangpol, Satpol PP dan TP PKK Provinsi, Kepala Desa Selaru memaparkan beberapa usaha baik di bidang pemerintahan, pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan dan keberhasilan yang telah dicapai selama ini. Diharapkan apa yang telah dicapai dapat terus dijaga dan dikembangkan demi  peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

BY AGUS SETYA RAHMDY