Sosialiasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2018

0
1301
Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan

Bertempat di Royal Ambarukmo Hotel Yogyakarta pada Jum’at (15/12) telah dilaksanakan acara Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2018. Dalam pembukaan acara tersebut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pentingnya sinergi, komunikasi dan sosialisasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menghadapi tahun 2018.

Menurutnya tahun depan alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) pada APBN akan mengalami beberapa perubahan kebijakan. Kebijakan TKDD 2018 akan mengalami perubahan yang cukup mendasar dan oleh karena itu perlu untuk dipahami oleh seluruh pemerintah daerah.

“Hal ini juga bertujuan agar pemerintah daerah memiliki kesiapan dan juga kemampuan untuk terus mengelola keuangan daerah secara baik secara efektif dengan tata kelola yang baik dan bersih dan pada ujungnya untuk keperluan dan kesejahteraan masyarakat yang adil,” jelas Menkeu.

Menurut Menkeu sinergi komunikasi dan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi sangat penting. “Oleh karena itu, saya mengharapkan di dalam forum yang seperti ini saling memahami saling berkomunikasi menukarkan informasi pemikiran dan sekaligus melakukan perencanaan dan pelaksanaan APBN 2018 yang sebentar lagi akan kita mulai,” tambahnya.

Menkeu berharap pemerintah daerah dalam menghadapi tahun anggaran 2018 bisa bekerja secara baik menggunakan setiap rupiah untuk keperluan rakyat dan menetapkan APBD secara tepat waktu dan fokus  untuk melayani masyarakat. 

“Saya tentu berharap dari ratusan pemerintah daerah ada ide-ide cemerlang karena saya sekarang juga meminta di pusat, di Kementerian Keuangan untuk mendesain APBN dengan prinsip value for money. Setiap rupiah yang kita kumpulkan dari rakyat harus  memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat secara sosial dan ekonomi,” pungkasnya.