Komisi I DPRD dan Dinas PMD Kalsel Dalam Upaya Mewujudkan Pengembangan Desa Wisata

0
346
Kunjungan Komisi I DPRD dan Dinas PMD Kalsel ke Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI

Pengembangan Desa Wisata memerlukan keterlibatan masyarakat secara penuh dalam prosesnya sehingga dapat melakukan identifikasi terhadap potensi–potensi yang dapat dikembangkan di desa. Sinergisitas antara Pemerintah dan Masyarakat juga menjadi bagian penting dalam upaya pengembangan tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut Komisi I DPRD Kalsel terus mengupayakan agar desa wisata ini segera terwujud di Kalimantan Selatan dan juga ingin mengetahui bagaimana agar pengembangan desa wisata dapat dibiayai dari dana desa, hal ini diungkapkan oleh Suripno Sumas selaku Sekretaris Komisi I DPRD Kalimantan Selatan pada kunjungan kerja Komisi I ke Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI di Jakarta, rabu (2/12)

“Kami menindaklanjuti agenda kegiatan komisi I terkait upaya pengembangan desa wisata, disampaikan masalah kesiapan dan bagaimana trik-trik agar desa wisata yang kita harapkan itu dapat terbantu melalui anggaran desa maupun dari program yang dikucurkan oleh pemerintah Pusat melalui Kemendes”

Disinggung terkait kesiapannya, Fahrani sebagai Ketua Pansus II yang membahas Raperda Pemberdayaan Desa Wisata menjelaskan bahwa dari tiga bulan yang telah lalu sudah dilaksanakan kajian-kajian dan uji publik terkait  raperda ini. Lebih lanjut Politisi Muda dari Fraksi PDI-P ini mengharapkan Perda ini nantinya menjadi motor penggerak pengembangan pariwisata di Kalimantan Selatan. Apalagi bidang pariwista ini merupkan salah satu Program Nasional yang menjadi unggulan dicanangkan oleh Presiden Joko widodo.

“Rancangan Perda Desa Wisata ini bisa potensial bisa dilaksanakan di Kalimantan Selatan yang mana ternyata Kemendes RI memfokuskan program nasional yang salah satunya adalah tentang Pariwisata. Tentu saja ini menjadi angin segar bagi Kalimantan Selatan yang memiliki potensi desa yang luar biasa sehingga nantinya Perda ini bisa dilaksanakan di Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Selatan, Zulkifli

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan, Zulkifli mendukung penuh rencana ini karena sejalan dengan program kerja Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan dalam mewujudkan desa wisata.

“Ini bagi kami menggembirakan, karena kelihatan sekali dukungan dari DPRD Kalimantan Selatan.  Akhirnya kita tentu saja secara pekerjaan dengan adanya dukungan legislatif ini menjadi lebih kuat rencana tujuan sesungguhnya dalam merealisasikan program-program kita di Kalimantan Selatan,” katanya.

Indah Novita Purnamasari
Analis Desa dan Kelurahan Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here