Kunjungan TIM Lemhanas Republik Indonesia pada Kegiatan Evaluasi PPSA/PPRA dan P3DA di Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan

0
202
Seluruh peserta pertemuan menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Peranan Pemimpin di daerah saat ini menjadi salah satu kunci untuk dapat mensukseskan visi, misi, dan tujuan dalam organisasi pemerintahan daerah tersebut. Begitu juga dengan para pimpinan daerah yang telah mengeyam pendidikan di Lembaga  Ketahanan Nasional (Lemhanas). Untuk itu, tim dari Lemhanas RI bermaksud untuk melaksanakan Kegiatan Evaluasi terhadap peserta yang pernah mengikuti PPSA (Program Pendidikan Singkat Angkatan), Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) dan Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Drs. Zulkipli, MP merupakan alumni PPRA Angkatan 54 dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan menjadi salah satu lokus yang dipilih untuk kegiatan ini. Kegiatan Evaluasi PPSA/PPRA dan P3DA ini merupakan rangkaian dari kunjungan Tim Lemhanas RI di Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim dari Lemhanas RI diketuai oleh Deputi Pendidikan Tingkat Nasional Mayor Jenderal TNI Sugeng Santoso, S.I.P. Beliau bersama rombongan disambut oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bapak Farid Fakhmansyah, S.P., M.P., bersama dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan  di Aula Rapat Lantai II.

Brigadir Jenderal TNI Abdurrahman, S.A.P, M.Tr.Han memberikan pengarahan

Kegiatan Evaluasi PPSA/PPRA dan P3DA tersebut diikuti oleh seluruh unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Negeri Sipili di lingkup Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan. Para Aparatur Sipil Negara (ASN) diberikan pengarahan oleh Direktur Program Pengembangan Pendidikan Brigadir Jenderal TNI Abdurrahman, S.A.P, M.Tr.Han. Beliau menekankan bahwa setiap ASN yang akan mengisi kuesioner bebas dari intervensi dan dapat menjawab setiap soal dalam kuesioner dengan apa adanya. Pengisian kuesioner oleh ASN bertujuan untuk dapat mengukur dampak dan mengevaluasi hasil dari pendidikan yang dijalani oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Drs. Zulkipli, MP selama mengikuti pendidikan selama tujuh bulan di Lemhanas RI. Deputi Pendidikan Tingkat Nasional Lemhanas RI Mayor Jenderal TNI Sugeng Santoso, S.I.P. Mayor Jenderal TNI Sugeng Santoso mengungkapkan bahwa hasil dari evaluasi ini akan menjadi bahan dan masukan bagi penyusunan kurikulum pendidikan dan pelatihan di Lemhanas RI. “Kami ingin memperoleh data dan masukan dari para alumni, terkait dengan program dan pendidikan di Lemhanas, agar lebih dapat optimal di masa mendatang, tutur Beliau di sela rehat.

Andie Putra Pratama, S.STP
Analis Desa dan Kelurahan pada Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here