Peninjauan Lokasi Persiapan Kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2022 di Desa Kuala Lupak Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala

0
331

Oleh :
Andi Putra Pratama, S.STP., M.Si*
Muhammad Rizaldy Fahmi, S.Pi*

Kasiter dan Kasi PSPKP mengecek persiapan kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2022
(Sumber Foto: Bidang PKP)

Karya Bakti Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah salah satu wujud operasi bakti yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan percepatan pembangunan di daerah perdesaan, khususnya desa-desa yang tertinggal. Hal itu selaras dengan visi dari pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan yang dicanangkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Bapak Dr. (H.C.) H. Sahbirin Noor atau yang akrab disapa dengan “Paman Birin”. Visi tersebut diwujudkan dalam bentuk sinergitas antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Komando Resort Militer (Korem) 101/Antasari. Keterpaduan tugas dan peranan dari kedua belah pihak tersebut merupakan suatu kolaborasi peran dalam mengaktualisasi percepatan pembangunan pada kawasan perdesaan. Tujuan kegiatan Karya Bakti TNI ini ialah untuk memaksimalkan keterbukaan akses transportasi dan ekonomi yang akan berperan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2022 akan dilaksanakan di Desa Kuala Lupak, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala. Maka untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan kegiatan Karya Bakti TNI maka terlebih dahulu dilakukan peninjauan lokasi oleh pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan Bapak Andie Putra Pratama, S.STP, M.Si bersama pihak Korem 101/Antasari yang juga diwakili oleh Kepala Seksi Teritorial Bapak Kolonel Kav Dicky Armunantho Mulkan, S.I.P., M.I.K, serta melibatkan pihak konsultan perencanaan dari CV. Hikmah Mulia Konsultan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2022 menggunakan akses darat. Walaupun kondisi jalur yang sulit dilalui namun tidak menjadi kendala bagi rombongan untuk mencapai lokasi Desa Kuala Lupak yang memakan waktu tempuh sekitar 3,5 jam dari Kota Banjarmasin.

Penjelasan teknis oleh Konsultan Perencana kepada pihak Korem 101/Antasari dan Dinas PMD Kalsel
(Sumber Foto: Bidang PKP)

Saat tiba di lokasi rencana pekerjaan, rombongan langsung disambut oleh perwakilan dari Perangkat Desa Kuala Lupak. Kegiatan ini sejatinya bertujuan untuk meninjau secara langsung rencana sasaran fisik yang akan dilakukan rehabilitasi. Adapun sasaran yang akan direhabilitasi berupa 2 (dua) unit jembatan desa dan perbaikan siring jalan yang longsor sepanjang kurang lebih 834 meter akibat terdampak abrasi air laut. Risiko yang terjadi apabila kegiatan peningkatan badan jalan Desa Kuala Lupak tersebut tidak dilaksanakan maka akan menimbulkan kerusakan fisik jalan yang dapat berpotensi memutus akses trasnsportasi satu-satunya bagi masyarakat Desa Kuala Lupak.

Seusai melakukan peninjauan lokasi, rombongan beristirahat di rumah warga setempat. Sambil beristirahat, rombongan melakukan syukuran bersama Perangkat Desa dan tokoh masyarakat Desa Kuala Lupak. Pada momen yang sederhana ini, mereka menyampaikan ucapan terima kasih seraya berharap agar pelaksanaan kegiatan Karya Bakti TNI di desa tersebut dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Foto bersama rombongan Korem 101/Antasari, Dinas PMD Kalsel beserta Tokoh Masyarakat
(Sumber Foto: Bidang PKP)

Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan
Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here