Penyelenggaraan FGD Pengembangan Dan Revitalisasi BUMDESA

0
103

Pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) Pengembangan dan Revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) sebagai bagian dari rangkaian Expo BUMDesa Provinsi Kalsel. FGD ini  dilaksanakan di Fugo Hotel Banjarmasin bertujuan untuk mempertemukan pelaku-pelaku usaha dengan pengurus BUMDesa yang bertujuan untuk dapat membuka peluang usaha yang lebih luas bagi BUMDesa.          

Acara ini dihadiri oleh narasumber baik dari sektor Perbankan maupun Perusahaan yakni Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya, Sales Branch Manager Kalselteng Pertamina Handy Tri Husodo dan Sekretaris Umum HIPMI Provinsi Kalsel Putra Qomaluddin Attar Nurriqli. Sedangkan moderator yang ditunjuk untuk memandu jalannya acara berasal dari Tenaga Pendamping Ahli Provinsi Kalsel, Abdul Halim.

Dalam paparannya, Direktur Utama Bank Kalsel Bapak Hanawijaya memaparkan konsep kerjasama usaha yang dimiliki oleh Bank Kalsel melalui pola fronting yang menekankan kerjasama di bidang pemasaran produk kredit, pola komunitas dimana BUMDesa dapat mengumpulkan komunitas usaha di desa yang memerlukan pembiayaan usaha untuk bekerja sama dengan Bank Kalsel dan pola ekosistem pemberdayaan desa.

Sekretaris Umum HIPMI Provinsi Kalsel Putra Qomaluddin Attar Nurriqli memotivasi para pengurus BUMDesa untuk membangun karakternya sebagai wirausaha yang memiliki etos kerja dan berkreativitas. Sedangkan Sales Branch Manager Kalselteng Pertamina Handy Tri Husodo memaparkan terkait keberadaan Pertashop sebagai salah satu bentuk usaha yang dapat meningkatkan pendapatan BUMDesa untuk nantinya juga akan meningkatkan pendapatan bagi desa.          

Kedepannya diharapkan FGD serupa dapat kembali diselenggarakan untuk terus meningkatkan kapasitas BUMDesa baik dari segi Sumber Daya Manusia maupun kerjasama yang dapat dijalin dengan pelaku-pelaku usaha lainnya diluar BUMDesa. (Indah Novita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here