Kepala Dinas PMD Bersama Staf Berbaur dengan Masyarakat Laksanakan Salat Istisqa

0
170

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalimantan Selatan Faried Fakhmansyah bersama staf berbaur dengan masyarakat Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan sekitarnya melaksanakan salat minta hujan (istisqa) berjamaah di Masjid Al Karomah Martapura, Kamis (7/9/23).

Pelaksanaan salat istisqa sesuai imbauan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor (Paman Birin) untuk mengurangi dampak kemarau dan kekeringan yang sudah mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Bentuk kepedulian Bapak Gubernur agar masyarakat menyikapi musibah ini dengan tawakal dan berdoa bersama melalui kegiatan salat istisqa,” ujar Faried.

Faried mengatakan, pelaksanaan salat istisqa ini selain memohon hujan kepada Tuhan Yang Maha Esa juga membina keakraban dan kebersamaan bersama warga masyarakat.

Mengenakan busana muslim warna putih, puluhan staf Dinas PMD Kalsel sejak pagi pukul 6.00 wita sudah berangkat dari rumah masing-masing menggunakan mobil dinas maupun kendaraan pribadi menuju Masjid Al Karomah.

Bertindak sebagai Imam K.H. Muhammad Wildan Saman, sembari sebelum pelaksanaan salat istisqa berjamaah menyampaikan tata cara pelaksanaan salat mengingat pelaksanaan ibadah ini agak jarang dilaksanakan oleh umat kecuali jika terjadi bencana kekeringan atau kemarau.

Sementara itu, Pengelola (Nadzir) Mesjid Al Karomah Martapura K.H. Hasanuddin Badaruddin dalam khotbahnya berharap umat bisa introspeksi dan bertaubat dari segala perbuatan maksiat dan dosa.

“Setiap musibah yang terjadi akibat ulah manusia, sehingga kita perlu melakukan taubat untuk bisa lepas dan terhindar dari bencana,” kata beliau.

Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam XI ini menegaskan, Allah tidak menurunkan keburukan atau bencana kecuali atas perbuatan dan dosa manusia itu sendiri.

Seperti diketahui, wilayah Kalsel dilanda bencana kabut asap akibat banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama musim kemarau tahun ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor mengimbau masyarakat termasuk aparatur sipil negara melaksanakan salat istisqa dan berdoa agar Banua Kalsel terhindar dari bencana kekeringan. (Eddy Abdillah)