Expo Bumdesa Se Kalimantan Selatan di Balatmas Banjarmasin

0
181

Pada hari Sabtu tanggal 13 Nopember 2021 bertempat Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Balatmas) Banjarmasin di Jalan Handil Bakti, Kabupaten Batola telah diselenggarakan Expo BUMDesa Se Kalimantan Selatan. Expo BUMDesa bertujuan untuk lebih memperkenalkan BUMDesa kepada masyarakat luas. Melalui expo, produk unggulan dari BUMDesa dari kabupaten di Kalsel dapat ditampilkan. Expo BUMDesa ini juga diharapkan dapat lebih mengenalkan BUMDesa dan BUMDesma atau BUMDesa bersama kepada dunia usaha, sehingga  diharapkan adanya jalinan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak untuk bisa berinvestasi.

Expo BUMDesa Se Kalimantan Selatan ini diikuti oleh 32 BUMDesa dari 10 kabupaten, yang terdiri dari Batola menampilkan 7 BUMDesa, Tanah Laut 6, Banjar 8, Balangan 3, Tabalong 2, Tanah Bumbu, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Kotabaru masing-masing 1. Expo BUMDesa Se Kalimantan Selatan ini dibuka secara Resmi oleh Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani dan disaksikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPSDM Kemendesa PDTT),  Luthfiyah Nurlaela beserta jajarannya serta undangan lainnya.

Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani memberikan Sambutan sekaligus Membuka secara resmi Expo BUMDesa Provinsi Kalsel di Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Balatmas) Banjarmasin di Jalan Handil Bakti, Kabupaten Batola pada Sabtu tanggal 13 Nopember 2021

Expo BUMDesa Kalsel ini berlangsung meriah dengan menampilkan produk unggulan misalnya buah jeruk, minuman, hasil kerajinan dan sebagainya.  Acara dihadiri pihak terkait, diantaranya Kepala Balatmas Banjarmasin, Budi Rustanto, Kabid Pengembangan Ekonomi Masyarakat Wahyu Nugroho dan Kepala Seksi Pengembangan Lembaga Ekonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalsel,  Muhammad Agus Fariady, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), camat, perbankan serta undangan dari beberapa provinsi di Indonesia serta kabupaten/kota. Pada kegiatan Expo BUMDesa ini dilakukan pula beberapa penandatanganan perjanjian kerjasama, Diantaranya adalah : (1) BPSDM PMDDTT dengan pihak Universitas Lambung Mangkurat terkait kerjasama Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB-KM): (2) antara BUMDesa Anugerah Jaya Nusa Indah dengan PT Patriot, tentang pengambilan limbah produksi serta suplai material; (3) BUMDesa Anugerah Jaya Nusa Indah juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia, tentang suplai material dan pengambilan limbah produksi; dan (4) antara BUMDesa Berkah Mulia dengan PT Arutmin tentang kerjasama angkutan batubara.

Pengelola BUMDesa Berkah Mulia dengan PT Arutmin berfoto bersama usai menandatangani perjanjian kersama pada Expo BUMDesa Provinsi Kalsel di Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Balatmas) Banjarmasin di Jalan Handil Bakti, Kabupaten Batola pada Sabtu tanggal 13 Nopember 2021

Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat apresiasi dari sejumlah pejabat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), hal ini karena beberapa BUMDesa di Provinsi Kalsel dinilai berhasil meningkatkan perekonomian desa, menyumbang pendapatan asli daerah, dan berhasil menjadi partner bisnis perusahaan besar. Diperlukan kerjasama semua pihak untuk bersama-sama membangun dan meningkatkan pembinaan terhadap BUMDesa serta harus didampingi sehingga benar-benar membawa kesejahteraan seluruh warga desa dan bukan hanya menguntungkan sebagian kecil masyarakat saja. Sampai saat ini sudah banyak desa-desa yang BUMDesa-nya sudah bisa bermitra dengan perusahaan atau pihak ketiga lainnya, seperti BUMDesa Anugerah Jaya Desa Nusa Indah dan BUMDesa Berkah Mulia, Desa Bukit Mulia Kabupaten Tanah Laut.

Muhammad Agus Fariady, A.Pi, MP
Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here