Penandatanganan Nota Kesepahaman Kegiatan Peningkatan Badan Jalan Ruas Jalan Desa Kiram-Desa Tanjung melalui Pola Karya Bakti TNI

0
179
Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Sahbirin Noor, Komandan Korem 101/Antasari Brigadir Jenderal TNI Firmansyah, Kepala Dinas PMD Prov. Kalsel Drs. Zulkipli, MP

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Komando Resor Militer (Korem) 101/Antasari sepakat untuk melakukan kerjasama melalui pola Kegiatan Karya Bakti Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2021. Kerjasama melalui pola Karya Bakti TNI tersebut yaitu Peningkatan Badan Jalan Ruas Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar menuju Desa Tanjung yang terletak di Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut.  Pembukaan kegiatan Karya Bakti TNI tersebut  berlangsung pada hari Kamis, 11 November 2021, sekitar pukul 13.30 WITA di Dusun Matang Kanas, Desa Kiram, Kabupaten Banjar. Pembukaan Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa instansi yang terkait baik dari Unsur Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, unsur TNI dari Korem 101/Antasari dan Kodim 1006/Banjar serta unsur yang mewakili dari Pemerintah Kabupaten Banjar, Pemerintah Kecamatan Karang Intan hingga unsur Pemerintah Desa Kiram.

Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Sahbirin Noor dan Komandan Korem 101/Antasari Brigadir Jenderal TNI Firmansyah. Bertindak sebagai pembawa acara adalah Renny Anggraeni, S.STP dan pembaca doa adalah Muhammad Ryzaldi Noor, S.I.P dari Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan.

Kepala Dinas PMD Prov. Kalsel Drs. Zulkipli, MP membacakan laporan kegiatan

Pembukaan Karya Bakti TNI Tahun 2021 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan diawali dengan Laporan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Drs. Zulkipli, MP mengenai gambaran awal Kegiatan Karya Bakti TNI tersebut. Selanjutnya yaitu Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara kedua belah pihak yang akan bekerjasama. Pihak Pertama yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Drs. Zulkipli, MP, sedangkan pihak kedua yaitu Komandan Korem 101/Antasari Brigadir Jenderal TNI Firmansyah. Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Sahbirin Noor. Setelah penandatanganan dan foto bersama selesai, dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur Kalimantan Selatan sekaligus membuka Kegiatan Peningkatan Badan Jalan Ruas Desa Kiram-Desa Tanjung melalui Pola Karya Bakti TNI secara resmi.

Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Sahbirin Noor dalam sambutannya menyatakan bahwa pembangunan desa adalah salah satu prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan desa (Sustainable Development Goals) ke depannya. “Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Korem 101/Antasari ini harus tetap terjalin dengan baik, karena semua ini ditujukan untuk peningkatan usaha ekonomi masyarakat desa dan mewujudkan pengembangan desa wisata di Kalimantan Selatan,” Ujar Beliau. Kepala Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan Andriyadi, S.STP, M.A. menjelaskan secara detil mengenai teknis kegiatan Peningkatan Badan Jalan Ruas Desa Kiram-Desa Tanjung melalui Pola Karya Bakti TNI pada tahun 2021 ini. Kegiatan yang dikerjasamakan yaitu pembukaan badan jalan melalui ruas desa Kiram menuju desa Tanjung sepanjang 12,4 Kilometer, dengan lebar pembukaan badan jalan sekitar 8 meter. Kegiatan ini ditunjang dengan pengerasan badan jalan sepanjang 3,556 Kilometer dan lebar jalan yang dikeraskan sekitar 6 meter. Waktu pekerjaan kegiatan peningkatan badan jalan tersebut sekitar 45 Hari Kalender, mulai tanggal 11 November-25 Desember 2021. ”Dengan terbukanya akses transportasi antara kedua desa tersebut, tidak hanya membuka akses antar desa saja, tetapi juga sekaligus membuka akses antara wilayah Kabupaten Banjar dan wilayah Kabupaten Tanah Laut yang selama ini terisolir. Alhamdulillah masyarakat desa sangat antusias dan gembira dengan adanya kegiatan ini dan Kita harapkan agar kegiatan Karya Bakti TNI ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar sesuai dengan rencana,” tutup Beliau.

Andie Putra Pratama, S.STP
Analis Desa dan Kelurahan pada Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here