Hari Desa Asri Nusantara 2023, Desa Menghijaukan Dunia

0
653

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan desa dan sahabat pendamping desa melaksanakan penanaman pohon serentak pada momen Hari Desa Asri Nusantara yang jatuh pada tanggal 20 Maret 2023 pukul 08.30 wita. Hari Desa Asri Nusantara Tahun 2023 dipusatkan di desa Makmur, Kec. Pangkalan Kerinci Kab. Pelalawan Prov. Riau. Peringatan ini dilaksanakan dalam rangka mengingatkan kita akan pentingnya lingkungan desa yang asri, mengurangi resiko bencana di desa, serta untuk mempercepat tercapainya 4 Sdgs Desa di antara 18 Sdgs Desa yang dicanangkan. Keempat Sdgs Desa tersebut yaitu:

  1. Sdgs Desa ke-7: terwujudnya desa energi bersih terbarukan,
  2. Sdgs Desa ke-13: terwujudnya desa tanggap perubahan iklim,
  3. Sdgs Desa ke-14: terwujudnya desa peduli lingkungan laut, dan
  4. Sdgs Desa ke-15: terwujudnya desa peduli lingkungan darat.

Hal ini juga sejalan dengan tema atau tagar yang diusung yaitu #DesaMenghijaukanDunia.

Pada momen tersebut 1.225 desa berpartisipasi dalam penanaman pohon dengan total jumlah pohon yang ditanam se-kalimantan Selatan berjumlah 137.440 pohon. Pengadaan bibit bekerja sama dengan rekan-rekan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Koordinator Pengelolaan Hutan (KPH) se-kalimantan Selatan, Balai Persemaian Tanaman Hutan (BPTH) Provinsi Kalimantan Selatan, dan Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

Terima kasih atas dukungan kawan-kawan dalam mensukseskan kegiatan ini. Dukungan semua pihak untuk berkomitmen melakukan penanaman merupakan wujud nyata partisipasi dalam Gerakan Revolusi Hijau yang dicanangkan oleh Bapak Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor sejak tahun 2017 lalu, yakni merupakan gerakan seluruh komponen masyarakat untuk melestarikan lingkungan melalui penanaman pohon. Ada sekitar 30.000 hektar lahan kritis ditanami per tahun yang menjadi target Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam Gerakan Revolusi Hijau ini.(Dhiya/PKP)