Wahyu Minta ASN Ramah, Cekatan, dan Solutif

0
207

BANJARBARU – Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa pada Dinas PMD Kalsel, Wahyu Widyo Nugroho, meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menghayati, meresapi, dan melaksanakan nilai-nilai (Core Values) ASN BerAKHLAK.

“ASN harus ramah, cekatan, dan solutif dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat,” ujar Wahyu saat menjadi pembina apel pagi di Halaman Kantor DPMD Kalsel di Banjarbaru, Selasa (21/11).

Wahyu mengatakan, penerapan Core Values BerAKHLAK ini tidak selalu pada aktivitas yang dianggap besar atau penting, bahkan harus mulai diterapkan pula pada hal-hal yang dianggap kecil atau sepele. Ia mencontohkan, saat baris-berbaris apel pagi, peserta apel tanggap dalam menerima instruksi dari komandan apel adalah bentuk loyal dan patuh pada instruksi pimpinan. Menurutnya, dari hal-hal kecil seperti itu ASN memulai penerapan Core Values BerAKHLAK yang kerap dibacakan setiap hari selasa pada apel pagi.

ASN juga harus solutif, yaitu mencari solusi dari setiap permasalahan yang ditemui dalam pekerjaan dengan dibimbing oleh atasan masing-masing.

“Seorang pemimpin juga dapat melimpahkan kewenangan kepada bawahannya agar mereka dapat mencarikan solusi permasalahan,” kata Wahyu.

Pada apel selasa pagi tersebut kembali dibacakan Core Values ASN BerAKHLAK, yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Nilai-nilai yang mendasari kerja ASN ini disoroti Wahyu pada butir pertama, yakni Berorientasi Pelayanan, yang mengandung makna: Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat; Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan; dan Melakukan perbaikan tiada henti.

Nilai-nilai lainnya, yakni:
Akuntabel: Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi; Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien; dan Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Kompeten: Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah; Membantu orang lain belajar; dan Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis: Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya; Suka menolong orang lain; dan Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal: Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah; dan Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Adaptif: Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan; Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas; dan Bertindak proaktif.

Kolaboratif: Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi; Terrbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah; dan Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama. (Eddy)