Pembinaan Pokjanal Posyandu Kalimantan Selatan Tahun 2022

0
2466
Pembinaan Pokjanal Posyandu

Sebagai kelompok kerja yang memliki tugas dan fungsi dalam membina penyelenggaraan/pengelolaan posyandu, Tim Pokjanal Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan yang saat ini terdiri dari perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Selatan dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pembinaan Pokjanal Posyandu ke Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru. Jumlah Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Tim Pokjanal Posyandu Kabupaten, Tim Pokjanal Posyandu Kecamatan dan Pokja Desa. Acara dilaksanakan di setiap masing-masing kabupaten selama 1 hari dengan teknis pelaksanaan seperti paparan, diskusi dan tanya jawab mengenai rencana aksi dari tim pokjanal posyandu kabupaten hingga desa.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui apa saja informasi kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan ataupun kegiatan yang akan datang oleh Tim Pokjanal Posyandu Kabupaten, Pokjanal Kecamatan, dan Pokja Desa. Selain itu juga Tim Pokjanal Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan memberikan arahan dan masukan bagi Tim Pokjanal Kabupaten agar untuk terus memperkuat Posyandu sebagaimana diketahui Posyandu merupakan pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan, keluarga berencana dan kegiatan sosial ekonomi lainnya.

Hasil dari pembinaan yang dilaksanakan pada 3 (tiga) kabupaten tersebut adalah adanya kendala umum yang dialami para kader posyandu di desa antara lain: 1) kondisi jalan yang rusak serta jarak tempuh yang jauh ke posyandu sehingga mengurungkan niat sebagian warga untuk pergi dan datang ke posyandu desa, 2) banyaknya sasaran pelayanan posyandu yang tidak berdomisili di wilayah setempat yang menjadikan pelayanan tidak maksimal kepada calon penerima manfaat, 3) kunjungan bayi dan balita yang masih belum memenuhi target capaian posyandu desa setempat.

Kemudian Tim Pembinaan Pokjanal Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan memberikan arahan dan masukan berupa perlu adanya inovasi yang dapat meningkatkan kegiatan posyandu sehingga masyarakat dapat ikut aktif dengan ketertarikannya dari kegiatan posyandu desa setempat. Tidak lupa juga untuk mengarahkan Tim Pokjanal Posyandu Kabupaten dan Kecamatan untuk terus memberikan dukungan dan pembinaan ke posyandu yang masih berstatuskan Posyandu Pratama dan Madya untuk terus meningkatkan progres capaian menjadi Purnama dengan kegiatan-kegiatan yang lebih inovatif sesuai dengan kemampuan posyandu masing-masing.

Harapan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah dapat meningkatnya fungsi posyandu sebagai lembaga yang merupakan pusat kegiatan pemberdayaan masyarakat dari segi sosial ekonomi dan kesehatan. Kegiatan Pembinaan Pokjanal Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan ini ke depannya akan berlanjut juga ke 10 Kabupaten/Kota lainnya. (Iqbal)