Penyerahan Dokumen Teknis Perencanaan, Kegiatan Karya Bakti TNI Ruas Desa Paminggir Siap Dilaksanakan

0
121
Foto Bersama Penyerahan Dokumen Perencanaan Pekerjaan Peningkatan Badan Jalan
Ruas Desa Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara Melalui Pola Karya Bakti TNI Tahun 2022
(Sumber Foto: Bidang PKP)

Pembangunan saat ini tidak hanya dilakukan dalam satu desa saja, melainkan juga pada lingkup yang lebih luas yaitu dalam kawasan perdesaan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Provinsi Kalimantan Selatan melalui Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan (PSPKP) telah menganggarkan pekerjaan Peningkatan Badan Jalan Ruas Desa Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022. Pekerjaan tersebut dilaksanakan melalui Pola Karya Bakti TNI Tahun 2022 bersama dengan Korem 101/Antasari. Jadi, kolaborasi yang dilakukan antara Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan selaku leading sector dan Korem 101/Antasari melalui tugas operasi non-militernya merupakan suatu bentuk sinergitas dalam upaya akselerasi pembangunan kawasan perdesaan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Setelah melalui tahapan tender dalam proses pengadaan barang dan jasa, maka terpilihlah CV. Apafasta Consultant selaku konsultan perencana dan CV. Tika Kreatif Desain Konsultan sebagai konsultan pengawas pada kegiatan peningkatan badan jalan ruas Desa Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara. Keterlibatan konsultan ini sangat berperan dalam merencanakan maupun mengawasi jalannya pelaksanaan pekerjaan yang akan dilakukan oleh pihak Korem 101/Antasari. Selain itu, dengan adanya produk berupa dokumen teknis yang dapat dipertanggungjawabkan dan penentuan skema pengawasan yang terarah diharapkan dapat meminimalisir kendala yang ada di lokasi sehingga pelaksanaan pekerjaan bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Koordinasi Teknis Antara Konsultan Perencana Kepada Konsultan Pengawas
Pekerjaan Peningkatan Badan Jalan Ruas Desa Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara
(Sumber Foto: Bidang PKP)

Pada hari Kamis, tanggal 18 Agustus 2022 dilaksanakan penyerahan dokumen teknis perencanaan dari pihak CV. Apafasta Consultant kepada CV. Tika Kreatif Desain Konsultan, disaksikan oleh perwakilan Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan beserta unsur pelaksana pekerjaan. Penyerahan itu dilakukan secara simbolis yang berada pada lokasi pekerjaan di Desa Paminggir Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara. Selain itu, juga dilakukan koordinasi teknis antara konsultan perencana terhadap konsultan pengawas sekaligus proses pengecekan kesiapan pelaksanaan kegiatan Peningkatan Badan Jalan Ruas Desa Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara yang melalui Pola Karya Bakti TNI Tahun 2022. Rencananya pekerjaan itu akan mengintervensi peningkatan trase sepanjang 684 meter dan menjadi jalan yang menghubungkan Desa Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara ke Desa Kuripan Kabupaten Barito Kuala. Terlebih letak administratif Desa Paminggir yang berbatasan langsung dengan kabupaten lainnya, nantinya akan memberikan kemudahan akses ekonomi dan transportasi sehingga nantinya infrastruktur yang terbangun menjadi vital serta menunjang peningkatan taraf hidup bagi masyarakat desa sekitarnya. (Fahmi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here