ASN Diingatkan ‘Medical Check Up’ Setiap Tahun

0
246

BANJARBARU – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN diingatkan melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) secara rutin minimal satu kali dalam setahun.

“Jangan nunggu sakit baru memeriksakan kesehatan,” ujar Pimpinan Laboraturium Klinik Zafa Medikal Banjarbaru, Suhendi Endyansyah Sarbini, Jum’at (15/12/23).

Suhendi mengatakan, seiring bertambah usia, maka sel-sel tubuh melambat dalam melakukan perbaikan (regenerasi) sehingga semakin rawan terserang berbagai penyakit. Namun, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin membuat seseorang bisa melakukan pencegahan penyakit dan juga sebagai perawatan kesehatan. Menurutnya, masyarakat enggan melakukan medical check up karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman akan bahaya penyakit dan pentingnya upaya pencegahan.

Seiring dengan bulan bakti layanan kesehatan, Zafa Medika selain menyampakan sosialisasi, juga memberikan potongan harga atau diskon bagi ASN, pelajar, dan masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatan diantaranya gratis cek gula darah dan asam urat.

Mengisi waktu amanat apel pagi jajaran Dinas PMD Kalsel, Suhendi mengatakan khusus ASN Dinas PMD Kalsel diberikan diskon 60% untuk check up karena merupakan Dinas yang pertama dikunjungi. Seiring dengan bulan bakti Klinik Zafa Medika tidak memungut biaya untuk pemeriksaan gula darah dan asam urat.

“Waktu layanan promo selama tiga hari (15 -17 Desember), lewat tiga hari tersebut, maka harga berlaku normal kembali dan hanya diberikan diskon 25 persen setiap paket pemeriksaannya,” terang salah seorang petugas klinik Zafa Medica, Allyssa Dwi Wasilah disela kegiatan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Dinas PMD Kalsel.

Suhendi juga menyatakan bahwa jika bulan bakti layanan kesehatan tahun ini digratiskan pemeriksaan gula darah dan asam urat, maka tahun depan (2024) klinik Zafa Medika menjanjikan layanan gratis untuk pemeriksaan lemak darah dan ginjal.

Pejabat Dinas PMD Kalsel, Wahyu Widyo Nugroho berterima kasih kepada pihak Klinik Zafa Medika yang telah memberikan tambahan pengetahuan mengenai kesehatan kepada jajaran Dinas PMD Kalsel serta memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Mari kita jaga kesehatan, agar tetap lancar dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur sipil negara, maka manfaatkan layanan gratis Klinik Zafa Medika untuk memeriksakan kesehatan kita,” imbau Wahyu.

Wahyu juga mengingatkan ASN laki-laki untuk memperhatikan lingkar pinggang sebagai barometer menghindari penyakit gula darah, kolesterol, darah tinggi, dan sebagainya. Ia menghimbau ASN dan Non ASN untuk sering berolahraga dan memperbaiki pola makan, istirahat yang cukup, menjaga pola pikir, dan mengurangi konsumsi gula berlebihan. (Eddy Abdillah)