Belum Dua Tahun Jumlah Desa Maju Meningkat Drastis

0
280

BANJARBARU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalimantan Selatan H. Faried Fakhmansyah membeberkan selama hampir dua tahun memimpin, Dinas PMD Kalsel jumlah desa berstatus maju di Kalsel meningkat drastis dari yang semula 398 desa menjadi 1.074 desa.

“Kinerja utama Dinas PMD adalah meningkatkan jumlah desa mandiri dan menghilangkan status desa tertinggal serta pelayanan kepada pemerintahan,” ujar Faried di Banjarbaru, Selasa (2/1/24).

Sebagian desa berkembang juga meningkat statusnya menjadi desa mandiri, sehingga desa mandiri bertambah dari 28 desa menjadi 294 desa, sedangkan desa berkembang otomatis berkurang dari 1.334 desa menjadi 501 desa karena sudah menjadi desa mandiri dan maju. Demikian juga desa berstatus tertinggal berkurang dari 28 desa menjadi hanya tersisa 2 desa sehingga desa berstatus sangat tertinggal sudah tidak ada lagi.

Faried juga menyampaikan pencapaian Dinas PMD Kalsel dalam meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) selama dia memimpin terhitung sejak 25 Februari 2022 mengalami peningkatan dari 0,64 menjadi 0,74.

“Jadi selama hampir dua tahun penyelenggaraan pemerintahan di Kalsel, kelas IDM kita berubah dari berkembang menjadi maju sejajar dengan IDM provinsi-provinsi di Pulau Jawa,” terang Faried.

Faried juga menyampaikan sederet prestasi membanggakan selama 2023 yang diraih Dinas PMD Kalsel, di antaranya pada tingkat nasional peringkat 1 Kepesertaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), juara lomba tingkat kelurahan yang sebelumnya belum pernah diraih kini meraih juara BUMDesa kategori cepat tumbuh.

Dinas PMD Kalsel juga meraih peringkat 1 ‘baik’ untuk Pengelolaan Kearsipan di lingkup SKPD Pemprov Kalsel pada 2023 dan penghargaan Bhumandala Award untuk kategori Inovasi Dalam Pemanfaatan Informasi Geospasial dalam kebijakan penetapan batas desa dan kelurahan.

Faried berharap pencapaian prestasi ini bisa dipertahankan dengan terus berbenah dan evaluasi. Tak lupa Faried mengucapkan terima kasih atas kinerja para staf DPMD. “Keberhasilan ini merupakan hasil dari kinerja kita semua,” ucap Faried saat menjadi pembina apel pagi perdana di tahun 2024 di halaman Dinas PMD Kalsel, di akhir tak lupa Faried mengajak jajarannya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. (Eddy Abdillah)