DPRD Pasuruan Lakukan Kunker dan Konsultasi tentang BUMDesa ke DPMD Kalsel

0
236

BANJARBARU – Komisi I (Bidang Hukum dan Pemerintahan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan Jawa Timur sebanyak 10 orang ditambah 1 sekretariat Dewan melakukan kunjungan kerja dan konsultasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalimantan Selatan di Aula Dinas PMD Kalsel.

Kepala seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa Dinas PMD Kalsel, Muhammad Agus Fariady, A.Pi., M.P di Banjarbaru, Rabu (31/1/24) mengaku surprise atas kunjungan Komisi I DPRD Pasuruan Jatim.

“Suatu kehormatan menerima kunjungan bapak, ibu, karena biasanya kami dari Dinas PMD Kalsel melakukan kunjungan ke Jawa Timur, karena di Jawa lebih berkembang BUMDesa nya, ” ujar Agus Fariady yang biasa di panggil ‘Yongky’.

Namun yongky tidak menyalahkan juga keinginan pemerintah Kabupaten Pasuruan belajar BUMDesa ke Kalsel mengingat sejak 2019 perkembangan BUMDesa di Kalsel juga cukup meningkat pesat dari berjumlah 1.379 BUMDesa menjadi 1.705 BUMDesa dari jumlah desa di Kalsel sebanyak 1.864 desa.

Yongky mengatakan pertama kali dia masuk ke Dinas PMD Kalsel (sebelumnya bertugas di Dinas Ketahanan Pangan) tahun 2019 jumlah BUMDesa sebanyak 1.378 sekarang sudah 1.864 bertambah sebanyak

Yongky menyampaikan sudah ada dua Kabupaten di Kalsel yang memiliki 100 % BUMDesa, yakni ditiap desanya ada terbentuk BUMDesa, yakni Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Disampaikan pula, jumlah BUMDesa berstatus maju sebanyak 24 BUMDesa, Perintis dan Pemula sekitar 1000-an, BUMDesa yang Berkembang sebanyak 123 buah dan sisanya terus dilakukan pembinaan tiada henti.

Prestasi BUMDesa di Kalsel juga sudah mencapai tingkat Nasional, diantaranya terbaik untuk kategori BUMDesa Inspiratif, cepat tumbuh dan berkembang, yakni BUMDesa bersama Hatungun Kabupaten Tapin.

Pada 2022 juga masuk lima besar Desa Wisata terbaik tingkat Nasional yang dikelola BUMDesa Padang Panjang Kabupaten Tabalong.

Pada 2021 terbaik ke-5 untuk tingkat ASEAN dan ikut Expo di Jogya juga untuk ASEAN

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan Sugiarto mengatakan tujuan kunjungan mereka untuk mengetahui dan mempelajari Program Pembinaan, Motivasi dan Sinergitas BUMDesa di Kalimantan Selatan.

“Kami berharap bisa mempelajari bagaimana BUMDesa di. Kalsel mendapat pembinaan hingga mampu berkembang dan meraih prestasi yang membanggakan, ” katanya.

Rombongan Komisi I DPRD Pasuruan yang datang ke Dinas PMD Kalsel berjumlah 11 orang ditambah 1 orang dari bidang sekretariat. (Eddy Abdillah)