Kerjasama Antara Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan dengan Korem 101/Antasari Melalui Pola Karya Bakti TNI

0
1663

Oleh : Andie Putra Pratama, S.STP

Pada hari Kamis, 11 Juli 2019 dilaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel Drs. Zulkipli, MP dan Korem 101/Antasari yang diwakili oleh Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed, SE, M.Han. Penandatanganan tersebut dilaksanakan di ruang Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan dengan Korem 101/Antasari, diwakili oleh Kepala Dinas PMD Prov. Kalimantan Selatan Drs. Zulkipli, MP dengan Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf M. Syech Ismed, SE, M.Han

Kegiatan penandatangan Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari rencana kegiatan pembangunan jalan dan jembatan melalui pola Karya Bakti TNI. Untuk kegiatan dengan pola Karya Bakti TNI pada tahun 2019 tersebut dilaksanakan pada dua tempat, yaitu di ruas Desa Ramania-Desa Tatah Alayung, Kabupaten Barito Kuala dan ruas Desa Danau Panggang-Desa Kuripan di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Bentuk pekerjaan yang dilaksanakan yaitu Pembangunan Jembatan Box Culvert, Peningkatan dan Perkerasan Ruas Jalan Desa Ramania-Tatah Alayung dan Desa Danau Panggang-Kuripan.

Kerjasama ini merupakan kerja nyata antara Pemerintah Daerah dengan Tentara Nasional Indonesia dalam membangun dan mengembangkan wilayah-wilayah desa yang terpencil dan terisolir. Sebelumnya telah terjalin juga kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Korem 101/Antasari dalam peningkatan ruas jalan Desa Awang Bangkal Timur, Kabupaten Banjar hingga menghubungkan Desa Tamunih, Kabupaten Tanah Bumbu sejak tahun 2016 hingga 2018.

Peninjauan Lokasi Karya Bakti TNI di Ruas Jalan Desa Ramania-Tatah Alayung Kabupaten Barito Kuala

Keberhasilan dan hal-hal positif yang telah dicapai dalam kerjasama antara Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan dengan Korem 101/Antasari ini hendaknya terus dipertahankan demi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat desa. Ditambah lagi dengan antusiasme masyarakat yang ikut serta dan saling bahu membahu dalam kegiatan karya Bakti TNI tersebut.

*Plh. Kepala Seksi Pembangunan Sarana Prasarana Kawasan Perdesaan
Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan