BUMDESA EXPO TAHUN 2022, BUMDESA MAJU KALSEL MAJU

0
169
BUMDESA EXPO KALSEL 2021

Dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kalimantan Selatan Ke-72 Tahun 2022, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan berpartisipasi dengan kembali menggelar Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Expo Tahun 2022 pada tanggal 6 s.d. 7 Agustus 2022 di Hall Atrium Duta Mall Banjarmasin.  BUMDesa Expo Tahun 2022 ini merupakan penyelenggaraan kedua dan kali ini mengambil tema BUMDESA MAJU, KALSEL MAJU. Hal ini sejalan dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) H Sahbirin Noor yang selalu mendukung dan mendorong pembangunan desa, untuk mencapai desa-desa di Kalsel semakin sejahtera, sesuai visi misi Kalsel Maju yakni Makmur, Sejahtera, Berkelanjutan,”.

BUMDesa Expo Tahun 2022 bertujuan untuk memberikan Apresiasi kepada BUMDesa–BUMDesa yang ada di Kalimantan selatan. Serta sebagai Media Publikasi dan Promosi BUMDesa kepada masyarakat luas, selain itu juga merupakan wadah temu bisnis BUMDesa dengan pelaku usaha lainnya seperti perbankan dan sektor lainnya. BUMDesa Expo ini juga sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Penilaian BUMDesa Terbaik Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022. 

Dinas PMD Prov. Kalsel ingin memperkenalkan dan memaksimalkan potensi BUMDesa kepada masyarakat. Diharapkan nantinya expo ini menjadi ajang pertemuan antara BUMDesa dengan masyarakat dan pelaku usaha, sehingga diharapkan terjalin kemitraan di antara mereka. Selama ini belum semua masyarakat mengetahui akan keberadaan BUMDesa, BUMDesa belum sepopuler koperasi atau badan usaha lainnya. Padahal BUMDesa berperan penting dalam mensejahterakan warga dan penyumbang pendapatan desa, karena mengelola sumber daya alam dan potensi desa.

Seluruh BUMDes pasti memiliki inovasi, expo ini nanti akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk lebih memperkenalkan lembaga dan produk unggulan, termasuk membuka pasar mereka secara lokal maupun nasional. Diharapkan BUMDesa Maju di Kalsel semakin bertambah. BUMDesa mampu membangkitkan perekonomian dan menjadikan desa itu mandiri. Untuk menjadi BUMDesa maju, pengelola bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, misalnya swasta, perguruan tinggi dan sebagainya. Sehingga di masa mendatang arah pembangunan di desa bukan hanya terfokus pada infrastruktur, melainkan pada pembangunan ekonomi, karena hal itu menjadi awal kemandirian desa. 

Beberapa rangkaian acara pada kegiatan BUMDesa Expo diantaranya adalah pengumuman dan penyerahan penetepan penilaian BUMDesa terbaik se Kalimantan Selatan Tahun 2022. Pameran produk-produk unggulan BUMDesa dari 11 Kabupaten yang ikut berpartisipasi, panitia menyediakan 11 stand kabupaten dan 1 stand untuk provinsi. Selain itu untuk memeriahkan acara, juga digelar berbagai kesenian tradisional sumbangan dari beberapa BUMDesa, dan pertunjukan Band Modern serta gimmick yang berhadiah produk unggulan BUMDesa.

Selain kegiatan pameran dan hiburan, sebagai upaya pengembangan dan peningkatan tata kelola BUMDesa di Kalimantan Selatan, Dinas PMD Prov Kalsel menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan melibatkan pihak perbankan, pengusaha retail dan sektor lain dengan tujuan penguatan modal dan pemasaran BUMDesa.

Muhammad Agus Fariady, A.Pi, M.P.
Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here