Monitoring Kegiatan Karya Bakti TNI Desa Kuala Lupak bersama Danrem 101/Antasari

0
135

Oleh :

 Andi Putra Pratama, S.STP., M.Si*
Rifky Ardiansyah Putra*

Danrem 101/Antasari Bersama rombongan disambut oleh perangkat desa
(Sumber Foto: Bidang PKP)

Gubernur Kalimantan Selatan DR.(HC) Sahbirin Noor atau Paman Birin selalu berkomitmen untuk bergerak memajukan desa, khususnya pada wilayah yang terisolir. Salah satu cara strategis yang dilakukan adalah dengan melakukan peningkatan badan jalan ruas Desa Kuala Lupak yang terletak di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan tersebut melibatkan kerja sama antara kedua pihak, yaitu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pemrakarsa dan Komando Resort Militer (Korem) 101/Antasari sebagai unsur pelaksana kegiatan tersebut.

Pada hari Senin, 11 Juli 2022 rombongan tim monitoring berangkat menuju lokasi kegiatan Karya Bakti TNI, dimulai dari dermaga Korem 101/Antasari. Rombongan dipimpin langsung oleh Danrem 101/Antasari Brigadir Jenderal TNI Rudy Puruwito, S.E., dengan menggunakan speed boat. Perjalanan menuju lokasi Karya Bakti memakan waktu kurang dari satu jam.

Setiba di lokasi, rombongan tim monitoring Karya Bakti TNI langsung disambut oleh unsur Komando Distrik Militer 1005/Barito Kuala dan Pemerintah Kecamatan Tabunganen yang telah menunggu kehadiran tim sebelumnya. Unsur tersebut dipimpin oleh Dandim 1005/Barito Kuala Letnan Kolonel Inf Ari Priyodono, S.Tr.Han., M.Tr.Han., Camat Tabunganen Said Muhammad dan seluruh kepala Desa di wilayah Kecamatan Tabunganen. Rombongan tim monitoring disambut di tenda posko taktis yang menjadi pusat kontrol kegiatan fisik karya Bakti TNI di desa Kuala Lupak. Dalam sambutannya, pihak Kecamatan Tabunganen mewakili Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menyampaikan ucapan terima kasih dengan adanya peningkatan badan jalan di desa Kuala Lupak, yang menjadi akses trasnsportasi satu-satunya bagi masyarakat Desa setempat. Setelah sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Monitoring Pekembangan pekerjaan peningkatan badan jalan Melalui Pola Karya Bakti TNI Tahun 2022 Ruas Desa Kuala Lupak. Dilakukan antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan, bersama Danrem 101/Antasari dan jajaran yang terkait, Konsultan Pengawas dari CV. Putra Kusuma Engineering dan unsur perangkat Kecamatan Tabunganen serta perangkat desa Kuala Lupak. Ruas yang dilalui pada kegiatan Monitoring pekerjaan kali ini adalah dimulai dari gerbang desa hingga lokasi pekerjaan, dengan penanganan pembuatan siring kayu ulin sejauh kurang lebih 794 Meter, dan rehab kayu-kayu jembatan desa. Hingga saat ini kemajuan fisik pengerjaan badan jalan mencapai kurang lebih 30 %.

Penjelasan oleh Konsultan Pengawas kepada Danrem 101/Antasari mengenai peembuatan siring jalan Desa Kuala Lupak
(Sumber Foto: Bidang PKP)

Seusai melakukan peninjauan lokasi, rombongan beristirahat di rumah warga setempat. Sambil beristirahat, rombongan melakukan syukuran bersama Perangkat Desa dan tokoh masyarakat Desa Kuala Lupak. Pada momen yang sederhana ini, mereka menyampaikan ucapan terima kasih seraya berharap agar pelaksanaan kegiatan Karya Bakti TNI di desa tersebut dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan
Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here