Forum BUMDesa Se-Kabupaten Banjar

0
978
Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Se-Kabupaten Banjar tanggal 29 Juni 2022

Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Se-Kabupaten Banjar mengadakan pertemuan pada hari rabu tanggal 29 Juni 2022 di Desa Gunung Batu Kecamatan Sambung Makmur Kabupaten Banjar. Pertemuan rutin ini diadakan setiap 03 (tiga) bulan sekali.

Selain dihadiri oleh semua pengurus dan pengelola BUMDesa/Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesMa) Se-Kabupaten Banjar, juga dihadiri Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar Syahrialludin, Dinas PMD Provinsi Kalsel yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa Muhammad Agus Fariady, A.Pi, M.P., dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Abdul Halim; serta Tenaga Pendamping Profesional lainnya, baik PDP maupun PLD.

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa Muhammad Agus Fariady, A.Pi, M.P. mewakili DInas PMD Provinsi Kalsel

Tujuan diadakannya forum ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar pengurus BUMDesa/BUMDesMa dan menjadi ajang diskusi pemecahan masalah pengelolaan BUMDesa/BUMDesaMa. Selain itu, bahasan lain adalah upaya membangun komitmen bersama untuk menggali potensi desa dan meningkatkan profesionalitas pengelolaan BUMDesa/BUMDesMa di Kabupaten Banjar, untuk kemajuan BUMDesa/BUMDesMa serta peningkatan profesionalitas dan harmonisasi antara BUMDesa/BUMDesMa, Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam menangani permasalahan secara bersama dan BUMDesa/BUMDesMa menjadi pilar ekonomi desa.

BUMDesa/BUMDesMa menjadi sebuah lembaga yang tepat untuk mengelola sumber daya dan  potensi masing-masing desa. Salah satu ciri dari kemandirian desa adalah dilihat dari kemampuan BUMDesa/BUMDesMa sebagai lembaga ekonomi desa yang mampu mengelola sumber daya alam. Karena tidak selamanya dana desa dikucurkan pemerintah, maka masing-masing desa harus mampu memanfaatkan potensinya agar perekonomian desa terus bergerak.

Berdasarkan data Dinas PMD Kabupaten Banjar, dari total 277 desa, telah berdiri 225 BUMDesa. Dari 225 BUMDes tersebut, yang aktif sebanyak 162 dan tidak aktif 63. Masih ada 22 desa yang harus dibentuk BUMDesa.

Muhammad Agus Fariady, A.Pi, M.P.
Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here