Peninjauan Lokasi Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa di Kampung Sungai Gampa: Kolaborasi Demi Terwujudnya Pemerataan Wilayah Pinggiran

0
168

Kampung Sungai Gampa terletak di Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara. Secara geografis, letak kampung sungai Gampa berada di sepanjangan bantaran sungai sehingga sebagian besar warganya sangat bergantung pada air sungai, seperti Mandi, Cuci dan Kakus (MCK). Kawasan permukiman ini berada di wilayah yang rendah sehingga rawan banjir dan meluap hingga masuk ke perumahan warga sekitar pada musim penghujan.

Permasalahan yang dialami oleh warga di sekitaran wilayah sungai Gampa, tentu diperlukan penanganan dan penataan pembangunan secara intensif oleh seluruh pihak termasuk oleh Pemerintah Daerah bersama dengan seluruh pihak. Wujud kerja sama yang sinergis antara Pemerintah Daerah, baik itu pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, pemerintah kota Banjarmasin dan Tentara Nasional Indonesia, melaksanakan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana fisik melalui pola TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Peninjauan Lokasi

Kegiatan tersebut diawali dengan peninjauan lokasi TMMD ke 114 Tahun 2022 yang terletak di Kampung Sungai Gampa, Kelurahan Sungai Jingah Kota Banjarmasin pada Kamis, 14 Juli 2022. Adapun sasaran fisik tambahan yang dibantu oleh Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan untuk kegiatan tersebut meliputi perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 2 (Dua) Unit dan Rehabilitasi Musala, yakni penambahan tempat wudhu, MCK dan peningkatan bangunan mushola.

Pelaksanaan kegiatan TMMD ke-114 Tahun Anggaran 2022 tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi warga di kampung sungai Gampa. Hal tersebut dikarenakan  pembuatan jalan lingkungan menuju pemukiman mereka nantinya akan memudahkan akses transportasi dari dalam menuju keluar dari pemukiman, yang selalu terendam air ketika musim penghujan maupun air pasang. Posisi permukiman warga sungai Gampa yang lebih rendah dari permukaan tanah selama ini agak menyulitkan bagi mereka untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, baik jual beli maupun pengangkutan hasil alam mereka. Jalan Lingkungan yang nyaman akan memberikan dampak positif bagi warga sungai Gampa karena mereka dapat memiliki akses transportasi alternatif selain sungai, untuk kegiatan ekonomi dan anak-anak yang ingin sekolah.

Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat dan pembangunan MCK bagi mushola sekaligus memberikan edukasi pada warga sekaligus menciptakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk tidak melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Dengan demikian, sanitasi masyarakat di kampung Sungai Gampa akan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berada di sekitaran bantaran sungai tersebut.

Adapun pelaksanaan TMMD ke-114 Tahun Anggaran 2022 akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Juli 2022 sampai dengan 25 Agustus 2022. Semoga dengan kolaborasi seluruh pihak yang terkait, akan mewujudkan pemerataan bagi kawasan pinggiran Sungai Gampa tersebut. (Andie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here