Bimbingan Teknis Pendampingan Kawasan Perdesaan Tahun 2023 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

0
186

Dalam rangka mewujudkan akselerasi Pembangunan Kawasan Perdesaan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan wajib melakukan fasilitasi kegiatan Pendampingan Pembangunan Kawasan Perdesaan terhadap seluruh Kabupaten termasuk di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Hal ini didasari pada Peraturan Menteri Desa Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan, di mana setiap daerah Kabupaten/Kota yang memiliki desa dapat mengusulkan Kawasan perdesaan di wilayahnya.

Kegiatan Pendampingan Pembangunan Kawasan Perdesaan Tahun 2023 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini diselenggarakan di Hotel Darul Istiqomah Barabai, mulai tanggal 31 Oktober s.d. 2 November 2023, dihadiri oleh Para Unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tergabung dalam Tim Koordinasi Pembentukan Kawasan Perdesaan (TKPKP), para unsur PAPDESI (Perkumpulan Aparatur Desa Seluruh Indonesia) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan unsur Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di lingkup Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian laporan kegiatan dari Ketua Panitia, yaitu Kepala Seksi Pembangunan Sarana Prasarana Kawasan Perdesaan Andie Putra Pratama, S.STP, M.Si. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Bapak Drs. Muhammad Yani, M.Si. Kegiatan pada hari kedua diisi dengan pemberian materi dari tiga Narasumber, yaitu Stevanus Reno Budi Sasotyo, S.T., dari Direktorat Perencanaan Teknis Ditjen PDP Kementerian Desa dan PDTT RI, Theodorik Rizal Manik, S.T., M.Sc. dari Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan dan Praktisi Kawasan Perdesaan Iwan Ramadhan, M.Si.

Dilanjutkan pada hari ketiga dengan kunjung lapang ke Rencana Lokus Kawasan Perdesaan yaitu Desa Kalibaru, Kecamatan Batu Benawa, Hulu Sungai Tengah. Diawali dengan presentasi tentang calon lokus kawasan perdesaan tematik Agrowisata Pastura di Kecamatan Batu Benawa, pemberian masukan dan tanggapan dari Bapak Stevanus Reno Budi, kemudian dilanjutkan dengan kunjung lapang di lokasi kandang peternakan sapi di Desa Kalibaru, Kec. Batu Benawa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Drs. Muhammad Yani, M.Si berharap Kegiatan ini dapat mengakselerasi terhadap pembentukan dan pengembangan Kawasan Perdesaan, minimal satu Kawasan pada Kabupaten Hulu Sungai Tengah, sehingga ke depan dapat tercapai dan terakomodir pada penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Penajaman Prioritas pada kurun waktu tahun 2024-2029 nanti. (Andie Putra Pratama, S.STP., M.S)