Pelatihan Tenaga Pendamping/Fasilitator Program Gerbangmas-Taskin Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015

0
771

Pelatihan Tenaga Pendamping/ Fasilitator Program Gerakan Terpadu Pembangunan Masyarakat untuk Pengentasan Kemiskinan (Gerbangmas-Taskin) oleh Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan pada hari senin sampai dengan selasa tanggal 11 – 12 Mei 2015. Peserta berasal dari 25 Orang Tenaga Pendamping Kabupaten / Kota yang  terpilih hasil rekrutmen Tahun 2015.  Acara pelatihan ini bertempat di Hotel Ratu Elok Cempaka Banjarbaru dengan Narasumber berasal dari  2 (dua) orang dari BPMPD Provinsi dan 2 (dua) orang Tenaga Ahli  pada BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan.

Maksud pelaksanaan kegiatan pelatihan Tenaga Pendamping / Fasilitator Gerbangmas-Taskin untuk untuk mencetak para petugas Lapangan yang Handal dan Profesional agar mampu bertindak sebagai fasilitator, motivator maupun sebagai pendamping.

Adapun tujuan penyelengaraan Pelatihan Tenaga Pendamping/ Fasilitator Gerbangmas-Taskin Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015 adalah :

  1. Mempersiapkan Tenaga Pendamping/ Fasilitator sebagai petugas lapangan yang handal dilapangan.
  2. Dapat memfasilitasi dan mensosialisasikan kegiatan pengembangan usaha ekonomi masyarakat.
  3. Bertindak sebagai motivator di masyarakat.

Tahun 2015 Pelatihan Tenaga Pendamping/ Fasilitator Program Gerbangmas-Taskin yang dilaksanakan selama 2 hari ini memberikan pelatihan kepada Tenaga Pendamping. Hari Pertama diawali dengan materi oleh Kepala BPMPD Provinsi Kalsel DRS. H. GUSTI SYAHYAR dengan judul kebijakan umum Gerbangmas Taskin dengan tujuan untuk memberikan penjelasan maksud dan tujuan dari kegiatan Gerakan Pembangunan Masyarakat dalam Pengentasan Kemiskinan. Berbagai kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk menurunkan angka kemiskinan di Kalimantan Selatan, khususnya melalui APBD BPMPD antara lain melalui Program Pengembangan Lembaga Ekonomi Masyarakat Pedesaan, dengan berbagai kegiatan yaitu Peningkatan Permodalan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Pedesaan (kegiatan gerbangmas taskin). Pemaparan kedua pada pelatihan tersebut adalah Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat pada BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan GUSTI NUR ‘AINA, S.Sos, MP menjelaskan tentang Pedoman Umum Gerbangmas Taskin serta Petunjuk Teknis Operasional Program Gerbangmas Taskin Tahun 2015 dengan adanya Pedoman dan PTO tersebut diharapkan para pendamping melaksanakan sosialisasi dan fasilitasi dilapangan mengacu pada Pedoman Umum dan PTO Gerbangmas Taskin Tahun 2015. Selain pemberian materi para tenaga fasilitator/ pendamping melakukan stimulasi secara berkelompok tentang bagaimana menjadi seorang narasumber atau pembicara.

Pada hari ke-2 yaitu tanggal 12 Mei 2015 dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Tenaga Ahli BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan Aditya D. Sumabrata, MM dengan materi tentang Mekanisme Pembentukan BUMDesa, dan pemberi materi yang kedua Zainatun Nisya, SE selaku Tenaga Ahli BPMPD Provinsi Kalimantan dengan pemaparan mengenai Pengelolaan Keuangan bagi UPK Gerbangmas Taskin dan Pertanggungjawabannya. Pada Hari ke-2 tersebut juga dibahas tentang bagaimana membuat proposal yang baik dan penjelasan syarat-syarat pencairan dana hibah serta menjelaskan tentang Naskah Perjanjian Hibah antara BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan selaku pihak pertama dan Ketua UPK lokasi Gerbangmas taskin Tahun 2015 selaku pihak kedua.

Adapun hasil yang didapat dari Kegiatan Pelatihan Tenaga Pendamping/ Fasilitator Gerbangmas-Taskin Tahun 2015 ini antara lain :

  1. Adanya komitmen Tenaga Pendamping untuk melaksanakan program sesuai dengan Pedoman Umum dan Petunjuk Teknis Operasional.
  2. Melakukan Sosialisasi di tingkat kecamatan dan Desa/ Kelurahan.
  3. Melakukan Fasilitasi dalam hal penyempurnaan pembuatan proposal dan syarat pencairan serta pertanggungjawaban penggunaan dana Hibah.
  4. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait atau SKPD lainnya tentang kegiatan Gerbangmas Taskin yang akan bertransformasi UPK menjadi BUMDesa dalam rangka pengembangan usaha ekonomi masyarakat.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan Tenaga Pendamping / Fasilitator dapat menjadi Tenaga Lapangan yang siap pakai dan Tenaga yang handal dalam rangka melakukan pendampingan dan sosiliasasi kegiatan pengembangan usaha ekonomi masyarakat.

Tenaga Pendamping Tenaga P1

Ditulis oleh; Nisa ( Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat )